Wayang Animasi di patenkan



Image and video hosting by TinyPic


Berhubung piet kuliah di uty... so ga ada salahnya piet meliput seputar perkembangan yang ada di kampusku tercinta ^_^ perkembangan kampus sains teknologi ^_^


Setelah berhasil menjadi juara 1 kategori penemu dan pengembang teknologi, yang diselenggarakan oleh PEMDA Sleman, tanggal 19/08 lalu, Wayang Animasi karya Ir. Arief Hermawan, MT Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Nor Ridwan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UTY, akan dipatenkan. Proses mematenkannya akan difasilitasi oleh Pemda Sleman, ungkap Arief.




Arief yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S3 Pendidikan Teknologi di UNY, menjelaskan bahwa sebelumnya ia tidak begitu terpikir untuk mematenkan karya tersebut. Namun melihat kenyataan banyaknya penjiplakan karya terutama dari luar negeri yang ramai dibahas saat ini, ia sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Pemda Sleman yang berinisaitif utnuk mematenkan karyanya tersebut. Lebih lanjut Arief menjelaskan bahwa pada mulanya ia lebih terdorong untuk menciptakan karya teknologi yang dapat digunakan untuk mengajarkan atau mengenalkan wayang secara praktis, murah, menarik, dan sesuai dengan perkembangan jaman. Ide dasarnya adalah di Jawa khususnya Jawa Tengah dan DIY memiliki wayang kulit yang legendaris dan dikenal luas oleh kalangan orang-orang tua di Indonesia.


Wayang kulit merupakan karya seni budaya yang sarat dengan muatan filosofi kehidupan, tuntunan budi pekerti, dan cerita legenda. Namun anak-anak sekarang jarang yang tahu lakon-lakon beserta isi ceritanya. Apalagi kandungan filosofisnya. Bahkan mengidentifikasi masing-masing wayangnya saja jarang yang bisa. Anak-anak sekarang lebih familiar dengan produk-produk berteknologi informasi, seperti komputer dan HP. Sehingga muncul ide untuk menciptakan pagelaran wayang dimana dalangnya tidak lagi memainkan wayang dengan memegang unit-unit wayang, tetapi dengan menggerakkan mouse dan keybord komputer. Dengan cara ini layar dapat diisi dengan gambar yang bermacam-macam, tidak monoton putih seperti pada wayang konvensional. Sedangkan aneka suara gamelan, dan sinden disimpan di harddisk.


Arief berharap proses paten karya tersebut segera dapat terselesaikan, dan karya tersebut dapat dipergunakan untuk memasyarakatkan pembelajaran wayang kulit khususnya bagi siswa-siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Untuk memainkannya, sekolah tidak perlu membeli seperangkat wayang, gamelan, dll. Lebih jauh lagi Arief berharap nantinya ada kompetisi dalang antar siswa sekolah dengan menggunakan teknologi tersebut.


2 komentar:

~♥~ KLIK TO SHOW ALL COMMENT'Z ~♥~


becce_lawo said...

haiii..

oooo...disini rupanya rumahnya si teddy beruang ya??
banyak banget beruangnyanya...he,he,he
bisa temenan sama si monkey dah...

blognya aku link mbak yah..
maap blum ngasih koment yak...hi,hi,hi

Piet Puu said...

hehehehe :D
hm m bear humz hee :D
hm m piet suka bear.. ^_^
temenan sm onet... yuukkk yuukkk
syukron uda mauw tukeran link ^_^

lam kenal yaa becce_lawo...???
hmm piet panggil apa nihh...???



:-1 :-2 :-3 :-4 :-5 :-6 :-7 :-8 :-9 :-0