SEKILAS KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI

Manusia adalah mahluk sosial, disamping Sandang, pangan, dan Papan sebagai kebutuhan utamanya, maka sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Maka mulailah manusia mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berhubungan tersebut, mulai dari melukis bentuk (menggambar) di dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Alat dan Sistem komunikasi yang diciptakan manusia tersebut kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah " IT " (dibaca ai-ti), singkatan dari Information Technology (eng).Pada halaman-halaman berikutnya kita bersama-sama akan menyimak perjalanan IT dari masa ke masa, mengenali alat dan teknologi IT, serta mempelajari teknologi terbaru dari IT yaitu Internet

Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. TI memang secara nota bene lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer yang tengah terus berkembang pesat.
Sebuah Sistem TI atau selanjutnya akan disebut STI, pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI. Berurutan dari dasar adalah: konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.

Pada kehidupan sehari-hari kita sering menemukan istilah teknologi informasi. Apakah teknologi informasi itu?
Mudahnya, teknologi informasi ialah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi. Informasi yang dimaksudkan mencakup numerik seperti angka, audio dan teks, dan citra seperti gambar dan sandi.
Yang termasuk golongan teknologi informasi meliputi:
1. Telekomunikasi
2. Sistem komunikasi optic
3. Sistem pita video dan cakram video- Komputer, termasuk visi komputer, lingkungan data dan sistem pakar
4. Mikrobentuk
5. Komunikasi suara dengan bantuan computer
6. Jaringan kerja data
7. Suara elektronik
8. Videoteks dan teleteks

1 komentar:

~♥~ KLIK TO SHOW ALL COMMENT'Z ~♥~


Anonymous said...

nice nice...
thx buad referensi artikelna



:-1 :-2 :-3 :-4 :-5 :-6 :-7 :-8 :-9 :-0